Tips Gila Agar Sekolah Mendapat Banyak Siswa Baru

Tips Gila Agar Sekolah Mendapat Banyak Siswa Baru - Ingin Mendapaktan Banyak Siswa di Tahun Ajaran Baru ini? Belum tahu cara dan trik agar mendapat ratusan bahkan ribuan siswa di tiap tahun ajaran baru? Kenali tips, trik, dan model marketing sederhana tapi membludakan pendaftaran siswa baru di Sekolah anda dengan hanya memaksimalkan SDM yang dimiliki dan cara-cara berikut ini....


Disetiap tahun ajaran baru merupakan pertaruhan masa depan Sekolah anda, ini terutama bagi sekolah yang berlabel sekolah swasta. Kalau tahun sebelumnya mendapatk banyak siswa, maka di tahun ajaran nanti harus lebih banyak lagi, setidaknya ada grade peningkatan dari jumlah pendaftar dan peserta MOS nanti. Kalau tahun sebelumnya sedikit mendapat siswa, maka tahun ini harus maksimal dan promosi sehingga hasil akhrinya adalah mendapat banyak siswa. Untuk mewujudkan semua itu - mendapatkan banyak siswa - diperlukan strategi dan berbagai trik intrik dan hal lainnya agar siswa baru rela berduyun-duyun nagantri di depan ruang pendaftaran siswa baru.

Baca strategi mendapatkan siswa baru berikut ini...

Cara dan strategi mendapatkan siswa baru banyak ditulis Guru yang sudah pengalaman dalam mempromosikan sekolahnya, atau minimal mereka tahu dan pernah ikut terlibat dalam pengembangan sekolah yang salah satunya promosi untuk mendapatkan siswa baru tersebut.

Termasuk admin Guru Katro ini. Dan berikut cara-cara Gila yang pernah admin dengar dari para pengelola sekolah yang terbukti sekolahnya mendapat ratusan bahkan ribuan siswa disetiap penerimaan siswa barunya. Berikut beberapa hal gila yang mereka lakukan;

1. Dengan Menggratiskan Biaya Pendidikan
Cara paling GILA menurut saya. Gratis! Siapa yang berani melakukan hal ini, membebaskan siswanya dari segala biaya pendidikan. Kecuali sekolah anda adalah sekolah yang dibiayai oleh pihak ketiga yang punya tujuan sosial tinggi dibidang pendidikan.

Tapi bagi sekolah yang setengah niatnya untuk tujuan bisnis, maka menggratiskan biaya pendidkan adalah perkaray yang sangat berat tentunya.

Tapi ini yang dilakukan oleh salah satu sekolah, tepatnya SMK, sekolah ini berada di bagian barat kabupaen Bogor. Sekolah ini mulanya hanya sekolah biasa, dengan peminat yang biasa saja, paling tiap tahun ajaran baru hanya mampu memperoleh siswa baru satu lokal / rombel. Dan akhrinya strategi GILA ini mereka lakukan, yaitu menggratiskan biaya pendidikan. Dan ternyata strategi gila ini mendatangkan ratusan bahkan ribuan siswa, tercatat untuk penerimaan siswa baru tahun ajaran 2016/2017 saja mereka berhasil mengisi 13 ruang kelas dengan siswa baru.

Kalau gratis, bagaimana membiayai operasional Sekolah? Jangan khawatir, jika siswanya sudah ribuan maka sumbangan dari pemerintah juga nominalnya semakin besar, contoh nominal sumbangan yang pendapatannya sesuai jumlah siswa adalah dana BOS. Kalau siswanya ribuan, bisa dipastikan dana BPS yang diperoleh milyaran.

Baca: Pengelolaan Keuangan Sekolah Swasta Dibawah Yayasan

Memang tidak semua Yayasan bisa menerima cara ini, sebab orientasi Yayasan kebanyakakan mendirikan Sekolah sebagai lahan bisnisnya.

2. Dengan Biaya Rendah Fasilitas Wah
Kebanyakan sekolah swasta yang memiliki fasilitas dan SDM bagus mematok biaya pendidikan yang sangat tinggi. Jika tidak percaya silahkan cek sekolah-sekolah swasta mentereng di kota anda, pasti biaya pendidikannya sangat tinggi.

Memang tidak balance, jika biaya pendidikan rendah tetapi fasilitas dan SDM nya wah. Logisnya fasilitas dan SDM itu sesuai dengan berapa besar biaya yang dikeluarkan oleh siswa, sebab untuk membeli dan membiayai fasilitas yang lengkap dan sesuai tentu tidak sedikit biaya yang harus di keluarkan, dan itu harus sesuai dengan inputan keuangan yang diterima pengelola.

Dan karena ini cara gila, maka hanya sekolah yang gila pula yang mempunyai keberanian seperti ini. Dan biasanya sekolah yang berani seperti ini, adalah sekolah swasta dibawah Yayasan yang sudah mapan dan sudah tidak berorientasi pada bisnis pendidikan, biaya yang diterima dari siswapun biasanya nanti digunakan untuk subsidi silang.

Tapi jika berna mencoba cara ini, tentu ini akan menjadi cara gila yang akan membludakan pendaftaran siswa baru di sekolah anda. Cara konvensional, saya punya reperensi artikel menarik tentang bagaimana cara promosi sekolah untuk mendapatkan siswa baru.

Nah itulah dua cara Gila yang bisa membludakan , atau menaikan angka grafik peminatan di sekolah anda. Sebenarnya cara pertama dan kedua bisa diterapkan, asal pengelolaan dikelola oleh mereka yang profesioanal, termasuka didalamnya tidak ada oknum yayasan yang punya misi mengumpulkan kekayaan dari sumber-sumber pendapatan sekolah.

Apa susahnya menggratiskan sekolah, terutama bagi sekolah yang baru pertama kali berdiri, sekalipun minim fasilitas siswa dan orang tua siswa tidak akan banyak menuntut toh mereka tidak mengeluarkan biaya pendidikan. Perlahan-lahan seiring semakin banyaknya siswa, dan nominal uang BOS dan bantuan yang terus mengalir, lengkapi sekolah anda dengan fasilitas yang sesuai dengan aturan pengadaan sarpras, demikian pula dengan peningkatan kualias SDM.

Kalau fasilitas sudah lengkap, SDM sudah bagus, saatnya anda untuk menggunakan cara kedua. Yaitu mulai mengadakan biaya pendidikan, tapi jangan mahal. Cukup dengan biaya rendah, dan biaya pendidikan siswa tersebut benar-benar dikelola untuk merawat faslitias. Toah anda tidak akan rugi, biaya pengelolaan sudah bisa tercukupi dari uang BOS yang totalnya mungkin sudah ratusan bahkan milyaran. Untuk bangunan pun masih banyak sumber-sumber dana pembangunan dari pemerintah.

11 komentar:

  1. sampean sak pemikiran bos.. joooooooooos

    BalasHapus
  2. ide yang sgt cemerlang sklh gratis fasilitas lengkap kualitas terjamin ada makan siswa dan tranport PP hhhh....

    BalasHapus
  3. wkwkwk ide bagus yang lucu

    BalasHapus
  4. udah gratis aja ngk ada yg mau ...terus gimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Om Sama .....Udah gratis masih gak ada yg daftar

      Hapus
  5. Selamat Malam Bapak/Ibu
    Perkenalkan saya Erin dari *STAF SEKOLAH MAHKOTA JAYA TAMBUN* ☺️🙏🏻

    KABAR GEMBIRA, Telah dibuka Pendaftaran Gelombang I Pendidikan dan Pelatihan DIPLOMA 1 dengan Program Keahlian *DIGITAL MARKETING dan MARKETPLACE VISUAL*

    *DIJAMIN 100% KERJA*

    Fasilitas Peserta Didik Baru:
    ☆ Dapat HandPhone bagi 50 Pendaftar diAwal Sebelum Tanggal 30 Juli 2022
    ☆ Mess berAC
    ☆ Makan 3x dalam Sehari
    ☆ Free Wifi

    Boleh Kami minta tolong untuk Beri Kabar Baik ini Kepada Keluarga dan Kerabat Bapak/ibu Jika tidak Tertarik Peluang Baik ini.
    ● *Info More:*
    klik tautan untuk menambahkan!
    ● https://politeknikmahkotajayaid.wordpress.com/
    ● WhatsApp Staff Sekolah.
    https://wa.me/628891356121

    Jika Bapak/Ibu berkenan untuk Masa Depan Putra dan Putrinya, bisa balas chat ini dengan Ketik *MAU* ya, nanti akan segera Erin bantu Proses untuk Pendaftarannya, karna KUOTA KAMI TERBATAS LHO😉

    _mohon Bapak/Ibu respons yah takutnya Orang Terdekat kita butuh info ini!_ 🙏🏻

    BalasHapus
  6. menarik sekali tapi sayangnya masih banyak yayasan yg diawal buka memang masih banyak perhitungannya hehehee

    BalasHapus
  7. Tips memang tidak seindah realitas, ya. Saya kurang setuju jika sekolah Yayasan jadi lahan bisnis saja. Yayasan kami berdiri atas dasar uang pribadi dan donatur masyarakat, masyarakat yang mendaftar di taraf ekonomi menengah ke bawah, kalau benar-benar digratiskan, tidak akan jalan. Coba Bapak/Ibu admin jadi guru di sekolah swasta yayasan kecil kami, biar merasakan realitas di lapangan.

    BalasHapus
  8. Jangan lupa siswanya dikasih uang saku sehari seratus ribu rupiah

    BalasHapus